• UPTD SD NEGERI MEKARSARI 3
  • Kec Cimanggis Kota Depok

Satuan Pendidikan Segera Lakukan Pemutakhiran Dapodik Agar Dana BOS 2023 Bisa Cair

Dalam petunjuk teknis pengelolaan dana BOS Tahun 2022 disebutkan bahwa salah satu cara pencairan dana BOS adalah telah mengisi dan melakukan pemutakhiran Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sesuai dengan kondisi riil di satuan pendidikan, paling lambat tanggal 31 Agustus tahun anggaran sebelumnya. Artinya, satuan pendidikan perlu melakukan pemutakhiran Dapodik paling lambat 31 Agustus Tahun 2022 untuk mendapatkan dana BOS reguler di tahun 2023.

Dapodik memuat berbagai informasi yang dibutuhkan dalam rangka menyelenggarakan kebijakan pendidikan. Antara lain data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan serta berbagai substansi pendidikan yang datanya tentu bersumber dari satuan pendidikan yang terus-menerus diperbaharui secara online.

“Sinkronisasi Dapodik ini merupakan hal yang sangat penting, karena yang terkait dengan program reguler maupun bantuan pemerintah sumber perolehan datanya dari Dapodik, termasuk kebijakan dana BOS,” kata Direktur Sekolah Dasar, Kemendikbudristek, Dr. Muhammad Hasbi pada webinar Sinkronisasi Dapodik: Syarat Pencairan Dana Bos Tahun 2023 pada Jumat, 26 Agustus 2022.

Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 2 Tahun 2022, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi oleh satuan pendidikan untuk dapat mengakses dana BOS Tahun Anggaran 2023. Pertama, satuan pendidikan memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional atau NPSN yang telah tercatat dalam Dapodik. Kemudian yang kedua, telah mengisi dan melakukan pemutahiran Dapodik sesuai dengan kondisi riil di satuan pendiidkna paling lambat 31 Agustus tahun anggaran sebelumnya. Ketiga memiliki izin untuk menyelenggarakan pendidikan bagi satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat yang terdata pada Dapodik.

Keempat, memiliki rekening satuan Pendidikan atas nama Satuan Pendidikan. Kelima, tidak merupakan satuan pendidikan kerjasama. Keenam,  tidak merupakan  satuan pendidikan yang dikelola oleh kementerian atau lembaga lain. Saat ini hal terpenting bagi Dinas Pendidikan dan Satuan Pendidikan adalah mengisi dan melakukan pemutakhiran Dapodik sesuai dengan kondisi riil yang ada di satuan pendidikan paling lambat 31 Agustus tahun 2022 untuk tahun anggaran 2023. Sinkronisasi Dapodik ini menjadi sangat penting karena akan menentukan Satuan Pendidikan penerima BOS tahun 2023 dan besaran alokasi BOS Tahun 2023.

“Jadi kalau kita berbicara mengenai BOS tahun 2023, maka cut off untuk meng-update atau memutakhirkan data adalah tanggal 31 Agustus tahun 2022,” tegas Muhammad Hasbi.

Ia juga memaparkan, dari hasil pendataan yang dilakukan oleh Direktorat SD yang bekerjasama dengan Sekretariat Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen, sampai saat ini per tanggal 24 Agustus 2022, masih ada 3,76% atau sekitar 5.600 sekolah yang belum melakukan sinkronisasi Dapodik.

Muhammad Hasbi menegaskan batas sinkronisasi Dapodik cut off sampai tanggal 31 Agustus Tahun 2022, setelah itu tidak akan ada lagi proses updating yang dilakukan oleh satuan pendidikan.

“Jadi saya ingatkan sekali lagi hari ini tanggal 26 Agustus hanya tersisa 5 hari lagi menuju kepada batas akhir dari cut off Dapodik. Bapak dan ibu perlu menyadari bahwa jika sampai batas cut off ini tidak terjadi sinkronisasi Dapodik, maka satuan pendidikan yang bersangkutan tentu tidak akan bisa mendapatkan alokasi dana BOS, karena datanya tidak ter-update,” katanya.

Satuan Pendidikan Segera Lakukan Pemutakhiran Dapodik Agar Dana BOS 2023 Bisa Cair

Nastiyawati, S.Pd., Tim BOS Direktorat Sekolah Dasar juga mendorong agar satuan pendidikan segera melakukan sinkronisasi Dapodik. Dari sekitar 149.000 sekolah dasar di Indonesia, yang belum melakukan sinkronisasi ada sejumlah 5.600 sekolah atau sekitar 3,76%. Per tanggal 24 Agustus 2022

“Ini tentunya menjadi PR bagi kita semua, diharapkan kita bisa sinkron 100% agar proses pembelajaran di satuan pendidikan bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Berdasarkan data progres update Dapodik tingkat kabupaten/kota, yang sudah melakukan update Dapodik sebanyak 25%. Selanjutnya presentasi berdasarkan perkembangan sinkronisasi Dapodik pada jenjang SD yang masih progresnya 0-25% masih ada 2.

Untuk progres 25-50% itu kosong, progres 50-75% berjumlah 23 sekolah. Yang sudah melakukan progres 75% sampai dengan 100% ada 432 sekolah, dan yang sudah melakukan progres 100% ada 57 sekolah.

“Yang masih belum 100% ini menjadi PR kita bersama. Semoga dengan salah satu strategi yang kita lakukan melalui webinar hari ini bisa memaksimalkan sinkronisasi Dapodik di satuan pendidikan,” tandasnya.

Satuan Pendidikan Segera Lakukan Pemutakhiran Dapodik Agar Dana BOS 2023 Bisa Cair

Nafis Khoirul Huda, S.Kom., Ketua Sub Pokja Dapodik dan Transformasi Digital Direktorat SD menyampaikan, selain melakukan sinkronisasi Dapodik yang perlu dipastikan oleh satuan pendidikan adalah terkait dengan izin operasional. Terlebih untuk sekolah swasta, izin operasionalnya harus terisi.

“Ini merupakan syarat yang bisa dipastikan kalau salah satunya tidak terpenuhi bisa dibilang sekolahnya gugur, jadi tidak akan dihitung,” kata Nafis.

lebih lanjut untuk izin operasional, satuan pendidikan dapat melakukan updating data melalui verval SP. Harus dapat dipastikan di sana nomor SK sudah terisi, kemudian SK pun juga sudah harus diupload.

“Bagi satuan pendidikan yang izin operasionalnya ini masih dalam masa perpanjangan, untuk intervensi dana BOS ini maka dapat menggunakan surat dari dinas pendidikan dan dapat disampaikan melalui laman ringkas yang ada di http://ringkas.kemdikbud.go.id/izinpenyelenggaraan, dan yang harus menyampaikan ini adalah pihak dari dinas pendidikan,” pungkasnya.

Pemerintah pusat dalam hal ini Direktorat Sekolah Dasar terus melakukan upaya agar satuan pendidikan segera melakukan sinkronisasi atau pemutakhiran Dapodik. Karena kalau tidak, maka itu artinya ada syarat yang tidak terpenuhi dan secara otomatis Pemerintah tidak akan menyalurkan dana bosnya. Dan bagi sekolah negeri di bawah pemerintah daerah yang tidak menerima BOS, pelaksanaan operasionalnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah sesuai kewenangannya. Sementara untuk sekolah swasta nanti akan ditanggung oleh pihak yayasan yang menaungi. (Hendriyanto)

 

Sumber : https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/satuan-pendidikan-segera-lakukan-pemutakhiran-dapodik-agar-dana-bos-2023-bisa-cair

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Penerapan Profil Pelajar Pancasila

Tahukah #SahabatSekolahDasar bahwa penerapan Profil Pelajar Pancasila dapat dilakukan melalui berbagai cara?#SahabatSekolahDasar dapat menguatkan karakter dan k

24/09/2022 13:22 - Oleh Administrator - Dilihat 25 kali
Jadwal Pelaksanaan Asesmen Nasional Untuk Peserta Didik Tahun 2022

#SahabatSekolahDasar, Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses

03/09/2022 08:19 - Oleh Administrator - Dilihat 49 kali
Resmi Diusulkan Masuk Prolegnas Prioritas, Pemerintah Ajak Publik Berikan Masukan Kepada Naskah RUU Sisdiknas

Jakarta, 26 Agustus 2022 --- Pemerintah telah resmi mengajukan Rancangan Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Pr

30/08/2022 20:42 - Oleh Administrator - Dilihat 46 kali
Resmi Diusulkan Masuk Prolegnas Prioritas, Pemerintah Ajak Publik Berikan Masukan Kepada Naskah RUU Sisdiknas

Jakarta, 26 Agustus 2022 --- Pemerintah telah resmi mengajukan Rancangan Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Pr

27/08/2022 06:24 - Oleh Administrator - Dilihat 47 kali
Keuntungan Yang Kamu Dapatkan Saat Menggunakan SafelinkU

Keuntungan Yang Dapat Kamu Dapatkan Saat Menggunakan Safelinku! Saat ini jaman begitu canggih sehingga apapun yang di butuhkan dapat di dapatkan dengan gampang. Salah satunya adalah unt

26/08/2022 20:07 - Oleh Administrator - Dilihat 54 kali
Stop Perundungan atau Bullying

#SahabatSekolahDasar, data hasil Asesmen Nasional tahun 2021 menunjukan bahwa 24,4% peserta didik berpotensi mengalami insiden perundungan di satuan pendidikan. Hal ini tentunya perlu m

16/08/2022 13:24 - Oleh Administrator - Dilihat 51 kali
Jadwal Pengisian Survei Lingkungan Belajar Tahun 2022

#SahabatSekolahDasar, berdasarkan surat Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan nomor 3336/H.H4/SK.01.01/2022 tentang Pengisian Survei Lingkungan Belajar tahun 2022

14/08/2022 06:07 - Oleh Administrator - Dilihat 52 kali
Menumbuhkan Kecintaan Anak pada Buku dan Kegiatan Membaca

Bukan rahasia lagi bahwa di Indonesia budaya literasi masih perlu ditingkatkan. Berdasarkan data dari The World’s Most Literate Nations, Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 d

13/08/2022 07:22 - Oleh Administrator - Dilihat 46 kali
Sekolah Punya Kebebasan Memilih untuk Implementasikan Kurikulum Merdeka

Direktur Sekolah Dasar, Dr. Muhammad Hasbi menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, kepala sekolah dan segenap guru atas atensi yang luar biasa di dalam menya

06/08/2022 06:22 - Oleh Administrator - Dilihat 67 kali
Karakter Anak Terbentuk Dari Keluarga, Orang Tua Agar Lebih Bijak dalam Mendidik Anak

Menjadi orangtua yang bijak untuk anak-anak mudah diucapkan tapi sulit diimplementasikan. Sikap bijak dalam mendidik anak merupakan sebuah prinsip pengasuhan yang harus dipahami oleh or

01/08/2022 00:53 - Oleh Administrator - Dilihat 63 kali